PENERAPAN PKP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS VI SDN SLATENG 01 LEDOKOMBO JEMBER


BAB I

PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang Masalah

Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran.

Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebeh efektif juga menarik sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran tersebut. Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.

Dalam mencapai tujuan pembelajaran pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar, khususnya di SDN Slateng 01 masih banyak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari masih rendahnya nilai mata pelajaran IPA dalam dua tahun terakhir terutama pada materi pokok perkembangbiakan tumbuhan. Nilai rata-rata kelas pada materi pokok ini yaitu 5,4 ( tahun pelajaran 2007-2008 ) dan 5,8 ( tahun pelajaran 2008-2009 ) , padahal materi perkembangbiakan tumbuhan selalu keluar dalam UASBN. Bertitik tolak dari hal tersebut di atas perlu pemikiran-pemikiran dan tindakan-tindakan yang harus dilalukan agar siswa dalam mempelajari konsep-konsep IPA tidak mengalami kesulitan, sehingga tujuan pembelajaran khusus yang dibuat oleh guru mata pelajaran IPA dapat tercapai dengan baik dan hasilnya dapat memuaskan semua pihak. Oleh sebab itu penggunaan pendekatan yang tepat dirasa sangat penting untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep IPA.

Pendekatan pembelajaran jenisnya beragam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan pendekatan dan metode yang sesuai dengan topik atau pokok bahasan yang akan diajarkan harus betul-betul dipikirkan oleh guru yang akan menyampaikan materi pelajaran. Pendekatan Ketrampilan Proses ( PKP ) atau lebih dikenal dengan pendekatan proses sangat cocok diterapkan dalam mata pelajaran IPA karena pendekatan ini memposisikan siswa sebagai produsen, bukan sebagai sekedar penerima ilmu pengetahuan. PKP akan menempatkan siswa sebagai ilmuwan karena siswa akan dibawa untuk bekerja sebagaimana ilmuwan menemukan ilmu pengetahuan. Proses pembelajaran dengan PKP melibatkan fisik, sosial, dan atau intelektual dalam ranah psikomotorik yang akan mengantar siswa pada suatu pengetahuan/ pemahaman dalam ranah kognitif serta menumbuhkan sikap dan nilai yang relevan ( ranah afektif ). Seluruh irama gerak atau tindakan dalam proses belajar-mengajar seperti ini akan meciptakan kondisi cara belajar siswa aktif. Inilah yang dimaksudkan dalam pendekatan proses ( Conny Semiawan,dkk,1985: 18). Jadi pendekatan proses itu akan megembangkan kreativitas siswa, yang pada gilirannya akan menjadi landasan untuk pengembangan kepribadian secara keseluruhan.

Penggunaan pendekatan ketrampilan proses  diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitasnya tidak hanya didominasi oleh guru, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep perkembangbiakan tumbuhan yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa. Berdasarkan uraian dari latar belakang tersebut di atas maka dalam penelitian in memilih judul “Penerapan PKP Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VI SDN Slateng 01 Ledokombo Jember”

1.2       Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas peneliti mencoba merumuskan masalah, yaitu:

1)      Apakah proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ketrampilan proses dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas VI SDN Slateng 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember?

2)      Bagaimana hasil belajar IPA setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ketrampilan proses pada siswa kelas VI SDN Slateng 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember?

1.3       Tujuan Penelitian

Tujuan utama penelitian ini adalah :

1)      Ingin mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ketrampilan proses dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas VI SDN Slateng 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember?

2)      Ingin mengetahui bagaimana hasil belajar IPA setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ketrampilan proses pada siswa kelas VI SDN Slateng 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember?

1.4       Manfaat Penelitian

  • Bagi Siswa
  • Bagi Pendidik
    1. Meningkatkan keaktifan masing-masing siswa dalam pembelajaran IPA
    2. Meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap pelajaran IPA
    3. Meningkatkan kemampuan siswa dalam hal pemahaman konsep, ketrampilan IPA.
    4. Menumbuhkan sikap ilmiah pada siswa
    5. Memberikan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan
  1. Sebagai upaya mengembangkan kreativitas dalam hal metode dan strategi pembelajaran
  2. Mempermudah guru dalam mencapai tujuan pembelajaran
  3. Memberikan pengalaman baru dalam hal kegiatan belajar mengajar
  • Bagi Lembaga/ Sekolah
  1. Dapat dijadikan sebagai tolok ukur proses dan hasil belajar atau prestasi sekolah pada umumnya
  2. Dapat digunakan untuk meningkatkan mutu para pendidik dan peserta didik
  3. Menjadikannya sebagai eksperimentasi pengembangan kurikulum dalam mengembangkan inovasi metode dan strategi pembelajaran.
  • Bagi Peneliti
  • Bagi Pembaca
    1. Sebagai usaha meningkatkan kemampuan sebagai pendidik yang mempunyai dedikasi tinggi
    2. Mengembangkan kreativitas untuk memberikan kemampuan terbaik bagi peserta didik
  1. Sebagai metode informasi mengenai dunia pendidikan beserta pengembangannya
  2. Sebagai bahan literatur dalam melaksanakan penelitian yang lebih baik

1.5   Batasan Masalah

  • Konsep IPA yang dimaksud dalam penelitian ini adalah konsep perkembangbiakan tumbuhan yang merupakan materi IPA untuk kelas VI Sekolah Dasar semester pertama.
  • PKP yang dimaksud adalah pendekatan ketrampilan proses yaitu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kegiatan ketrampilan proses yang digunakan untuk mengungkap dan menemukan fakta dan konsep serta menumbuhkan sikap dan nilai yang dilakukan oleh murid.
  • Siswa Kelas VI SDN Slateng 01 yang dimaksud adalah siswa-siswi kelas VI SD Negeri Slateng 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2009-2010.

3 responses to “PENERAPAN PKP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS VI SDN SLATENG 01 LEDOKOMBO JEMBER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s