Kegiatan KKG Bermutu 03 Kecamatan Ledokombo Jember


Seiring berakhirnya kegiatan program Bermutu tahun 2009/2010 di Kelompok Kerja kami, berikut rangkuman kegiatan yang telah kami lakukan selama hampir satu tahun.

A. Kegiatan Inservice

Kegiatan inservice dilaksanakan berturut-turut selama tiga hari dalam kegiatan ini peserta memperoleh materi-materi pengenalan seperti: KTSP, Pengenalan Case Study, Pengenalan PTK, Pengenalan Lesson Study, Media Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Perangkat Pembelajaran, Tematik dan ICT. Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk memberi stimulasi pada peserta untuk mengingat kembali materi-materi yang telah pernah diterima sebelumnya dan mempersiapkan beberapa materi yang berkaitan dengan kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan onservice yang terdiri dari dua materi utama yaitu PTK dan ICT.

Hasil yang diperoleh adalah berupa pengetahuan dasar yang mendukung peserta untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).

B. Kegiatan Onservice

Kegiatan Onservice terbagi dalam 16 ( enam belas ) pertemuan masing-masing pertemuan membahas materi yang berbeda.

Pertemuan 1 ( Pengenalan Pola Pembinaan Guru Melalui Program Bermutu )

Pada pertemuan ini disampaikan materi Pengenalan Pola Pembinaan Guru Melalui Program Bermutu sebagai langkah awal pada kegiatan onservice. Hasil yang diperoleh adalah peserta dapat memahami hakikat Belajar Model BERMUTU, memiliki kemampuan mengkaji pengajaran dan pembelajaran, serta terampil menyusun Case Study. Pada akhir pertemuan 1 nanti peserta menghasilkan Case Study. ( Contoh hasil Case Study terlampir )

Pertemuan 2 ( Identifikasi Masalah )

Pertemuan 2 ( dua ) membahas materi identifikasi masalah. Setiap peserta akan menghasilkan rumusan masalah PTK yang dihasilkan dari mengidentifikasi masalah yang ada pada Case Study yang telah disusun.

Dalam pertemuan ini juga peserta memperoleh materi menganalisis bacaan secara kritis. Hasil yang diharapkan adalah peserta dapat melakukan kajian kritis ( contoh beberapa kajian kritis peserta terlampir )

Pertemuan 3 ( Perencanaan Tindakan )

Dalam pertemuan 3 ( tiga ) peserta akan menghasilkan rencana tindakan yang disusun berdasarkan rumusan masalah yang dihasilkan pada pertemuan 2 ( dua ). Rencana tindakan yang dihasilkan berupa Rencana Pelaksanaan Tindakan ( RPP ) dan instrumen penelitian.

Pertemuan 4 ( Pelaksanaan Tindakan )

Pertemuan 4 ( empat ) dilaksanakan dengan bentuk Open Class yakni salah satu guru peserta menjadi guru model untuk mengimplementasikan RPP yang disusun dalam pembelajaran di kelas. Guru peserta yang lain menjadi observer. Pelaksanaan Open Class menggunakan model Lesson Study yang mana setelah pelaksanaan pembelajaran maka guru peserta akan melaksanakan diskusi refleksi diri. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah guru peserta terampil melaksanakan rencana tindakan perbaikan pembelajaran dalam bentuk open class, mengobservasi pembelajaran untuk mengumpulkan data, melakukan diskusi refleksi

Pertemuan 5 ( Analisis dan Interpretasi Data )

Kegiatan 5 ( lima ) ini menghasilkan analisis dan interpretasi data yang diperoleh dalam open class pada pertemuan 4

Pertemuan 6 ( Refleksi dan Tindak Lanjut )

Pertemuan 6 ( enam ) menghasilkan refleksi terhadap pelaksanaan open class masing-masing peserta. Refleksi yang dihasilkan menjadi bahan pertimbangan untuk merumuskan tindak lanjut pada siklus berikutnya. Pertemuan ini menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) siklus berikutnya.

Pertemuan 7 ( Teknologi Informasi dan Komunikasi )

Pertemuan 7 dilaksanakan di SD Negeri Sumberlesung 01 Kecamatan Ledokombo karena di sekolah ini telah tersedia laboratorium komputer yang lengkap. Pada pertemuan ini materi yang disampaikan adalah:

A0 Pengenalan Komputer

A1 Operasi Dasar Komputer

B1 Membuat Naskah Sederhana dengan Microsoft Word

B2 Membuat Naskah dengan Daftar dan Tabel

Pertemuan 8

Pertemuan 8 ( delapan ) dilaksanakan dengan materi sebagai berikut:

  • B3 Membuat Naskah berisi Rumus/ Formula
  • C1 Membuat Lembar Kerja Sederhana dengan Microsoft Excel
  • D1 Membuat Slide Presentasi
  • E1 Menggunakan Browser dan Mesin Pencari

Pertemuan 9 ( Identifikasi Masalah )

Pada pertemuan 9 peserta berlatih mengidentifikasi masalah dari beberapa studi kasus mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika dan IPS dan diakhiri dengan pemberian tugas membuat kolom identifikasi masalah yang akan diangkat dalam PTK masing-masing peserta.

Pertemuan 10 ( Perencanaan Tindakan )

Pertemuan 10 dimulai dengan latihan untuk menyusun perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, instrumen penilaian, LKS dengan menggunakan pendekatan/ metode/ model pembelajaran yang dipersiapkan untuk menjadi obyek penelitian tindakan kelas. Pada akhir pertemuan peserta diberi tugas mandiri untuk menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tindakan yang akan dilaksanakan.

Pertemuan 11 ( Penyusunan Proposal )

Pada kegiatan ini peserta berlatih menyusun proposal secara kelompok dan individu kemudian mempresentasikan di depan peserta lainnya. Di akhir kegiatan peserta diberi tugas mandiri untuk menyusun proposal secara mandiri.

Pertemuan 12 ( Pelaksanaan Tindakan )

Pelaksanaan kegiatan 12 hampir sama dengan kegiatan pada pertemuan 4. Kegiatan Open Class dilakukan dengan pendekatan/ metode/ model pembelajaran yang telah dipersiapkan pada pertemuan 10 kemudian dilanjutkan dengan diskusi refleksi dan melengkapi data.

Pertemuan 13 ( Analisis dan Interpretasi Data )

Pada pertemuan ini peserta mendiskusikan data-data yang diperoleh pada saat open class kemudian melakukan reduksi data, memilah data ( kualitatif dan kuantitatif), menganalisis data kualitatif serta menginterpretasikan data kuantitatif.

Pertemuan 14 ( Refleksi dan Tindak Lanjut )

Diawali dengan diskusi kelompok untuk merefleksikan data yang telah dianalisis untuk menentukan tindak lanjut/ perbaikan pada siklus berikutnya, dilanjutkan dengan menyusun perangkat pembelajaran perbaikan.

Pertemuan 15 ( Penyusunan Laporan 1 )

Pada pertemuan ini diawali dengan curah pendapat tentang hasil siklus 2 kemudian dilanjutkan dengan latihan menyusun laporan secara kelompok dan dilanjutkan dengan menyusun laporan secara individu.

Pertemuan 16 ( Penyusunan Laporan 2 )

Pada pertemuan ini peserta melakukan diskusi dengan saling mengoreksi laporan PTK yang telah disusun kemudian menyelesaikan laporan masing-masing dilanjutkan dengan latihan presentasi laporan PTK.

C. Pertemuan FKKG

Pelaksanaan pertemuan Forum Kelompok Kerja Guru ( FKKG ) selama kegiatan tahap 1 ( satu ) dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pertemuan bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. KKG Gugus 03 Kecamatan Ledokombo diwakili oleh Ketua dan Sekretaris. Pada pertemuan FKKG merupakan pertemuan yang digunakan sebagai sarana bertukar pendapat, bermusyawarah tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh masing-masing Kelompok Kerja. Dalam forum ini juga terjalin komunikasi antara Kelompok Kerja dengan Distric Core Trainer ( DCT ).

D. Studi Banding

Studi banding dalam program bermutu dilaksanakan dengan melakukan kunjungan ke kelompok kerja lain baik yang memperoleh DBL atau yang tidak memperoleh DBL. Studi banding untuk KKG Gugus 03 Kecamatan Ledokombo Jember direncanakan akan dilaksanakan dengan mengunjungi salah satu KKG Bermutu yang terdekat yakni KKG Bermutu Kecamatan Jelbuk. Dipilihnya KKG ini karena jarak tempuh yang relatif dekat dan KKG Gugus Bermutu Jelbuk mempunyai kondisi dan karakteristik yang hampir sama dengan KKG Gugus Bermutu 03 Ledokombo.

14 responses to “Kegiatan KKG Bermutu 03 Kecamatan Ledokombo Jember

  1. kamu tambah ganteng gus ! teruskan perjuanganmu tanpa pamrih ini, ingat para pejuang 45, para tokoh penyusun dasar negara yang rela berkorban tanpa pamrih…..
    ingat jangan mengeluh yo…. lek ngeluh kesini aja kamu mau minta apa yang kamu mau….!

    • yah lumayan padat untuk tahun pertama karena waktunya hanya sekitar 6 bulan untuk 16 kali pertemuan.
      Untuk ICT memanfaatkan lab. komputer di SD Inti pak ada 10 unit komputer yang sudah terkoneksi internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s