Komunitas Belajar Ledokombo ( TANOKER )


Tanoker (Kepompong dalam bahasa Madura) adalah komunitas belajar masyarakat Ledokombo Jember. Kegiatan komunitas terutama berfokus pada pengembangan potensi anak-anak melalui proses pengorganisasian dengan pendekatan budaya. Anak-anak yang seringkali tidak dapat tumbuh-kembang dalam suasana yang merdeka dan bermartabat.

Dengan semboyan “bersahabat, bergembira, belajar, berkarya”, saat ini sedang dilakukan pendampingan anak-anak terutama setingkat SD dan SMP untuk dapat mengembangkan potensinya. Mereka pada umumnya adalah putra-putri TKW/TKI, buruh tani, tukang ojek, pedagang kecil, guru dan pekerja rumahtangga. Untuk itu telah dibentuk berbagai kelompok sesuai dengan keinginan anak-anak sendiri. Saat ini telah ada 7 (tujuh) kelompok yakni permainan tradisional, membaca-menulis, memasak, olahraga, musik, menari dan melukis.

Anggota kelompok akan didampingi dalam mempersiapkan hasil karya kelompok yang setiap bulannya akan dipertunjukan dihadapan masyarakat (orangtua, guru, teman sebaya, peminat) dan juga para undangan dari dalam dan luar desa Ledokombo. Masyarakat dan semua yang hadir diharapkan akan memberi masukan untuk perbaikan karya anak-anak Ledokombo ke depan. Hajatan bulanan ini adalah arena hiburan, pengembangan kreaktifitas dan “musyawarah tentang anak-anak” demi kemajuan anak-anak. Dalam acara ini setiap pengunjung diharapkan membawa makanan (nasi, lauk-pauk, kudapan) karena rangkain acara akan diakhiri dengan makan bersama. Jadi sejenis hajatan desa dan alternatif rekreasi untuk masyarakat Ledokombo dan sekitarnya.

Diacara ini akan ada penyuguh/ tampilan dari sahabat dan jaringan Tanoker seperti anak-anak surau, santri, pelajar maupun orangtua anggota Tanoker. Sesekali diharapkan akan ada tambahan pengetahuan untuk masyarakat melalui pengkajian/ pengajian singkat, pemutaran film atau pentas teater dari masyarakat atau para pemerhati dari luar kota/luar negeri.

Selain Hajatan desa diatas, ke depan diharapkan setiap bulan anggota Tenoker akan berkunjung ke berbagai desa di sekitar Kecamatan Ledokombo untuk berdiskusi tentang berbagai masalah anak dan bergembira bersama anak-anak setempat.

Dalam rangka pengembangan anak-anak, Tanoker juga melakukan upaya pengembangan kapasitas berbagai pihak yang terkait dengan anak seperti guru, orang tua, pemuka agama dan tokoh masyarakat. Training guru inspiratif dan Orangtua menyenangkan telah diselenggarakan Tanoker bekerjasama dengan Yasmin Learning Centre Jakarta di bulan Februari 2010. Di bulan Agustus 2010 akan diadakan pelatihan Jarimatika (menghitung cepat) dan English for Community bekerjasama dengan Yayasan Jarimatika Salatiga.

Agenda khas Tanoker lainnya adalah perayaan hari-hari besar (Nasional maupun Internasional) seperti hari Anak, hari Kartini, hari Kemerdekaan dll. Dalam event tersebut sedapat mungkin diupayakan

kehadiran “perwakilan Nasional dan Internasional“ untuk menanamkan rasa kebersamaan dan saling menghargai yang bersifat global di lingkungan desa Ledokombo. Telah dua kali dilakukan perayaan tersebut yakni dalam bentuk lomba Egrang unik ”kemajemukan” dan Festival sholawat Musawa/kesetaraan (merayakan Hari Kartini, bekerjasama dengan yayasan Rahima Jakarta dan Pesantren Nuris Jember).

Pada hari Sabtu tanggal 7 (tujuh) Agustus 2010 (pukul 1300 -17.00 Wib), bertempat di Lapangan Kecamatan Ledokombo akan diadakan festival gerak jalan egrang unik dalam rangka merayakan hari Anak Nasional dan hari Kemerdekaan Indonesia. Festival ini merupakan kerjasama Tanoker dan Pemerintah Kecamatan Ledokombo. Selain masyarakat Ledokombo dan Jember, penggembira akan datang dari berbagai kota (Jakarta, Yogyakarta, Malang, Surabaya dll) juga luar negeri (Australia, Perancis, Belanda dll). Mari datanglah saudara/saudari, kami tunggu dengan sukacita. Mari menjadi bagian dari sebuah sejarah baru, menyaksikan Gerak Jalan egrang yang baru pertama kali diadakan di Indonesia.

Saat ini selain persiapan Hajatan bulanan dan festival egrang, sedang dipersiapkan dua kegiatan baru yakni kegiatan belajar bersama untuk anak setingkat SD (pelajaran sekolah) setiap Senin – Jum’at antara jam 16.00 – 1700 sore didampingi para guru relawan/pembimbing. Selain itu akan diadakan pula kegiatan Learning distance atau Tele-confrence (silaturahmi dan diskusi jarak jauh) menggunakan jaringan internet (internet baru masuk desa kami) dengan berbagai kalangan (sekolah, organisasi anak, guru, ilmuwan, TKW/TKI, tokoh masyarakat, petani, mahasiswa dll) baik dari dalam maupun luar negeri.

Sumber : http://www.facebook.com/home.php?#!/tanoker.ledokombo?v=info

4 responses to “Komunitas Belajar Ledokombo ( TANOKER )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s