Beberapa Tips Memulai Tahun Pelajaran Baru


ditulis oleh Lianneke Gunawan dari berbagai sumber

Sebentar lagi sekolah dimulai dan untuk para rekan-rekan pengajar harus mempersiapkan diri untuk mengajar kelas dengan jumlah murid yang bervariasi. Kelas yang terdiri dari beberapa murid saja akan lebih mudah untuk diatur, sedangkan apabila murid berjumlah banyak, seorang guru harus mempersiapkan strategi agar materi yang diajarkan dapat diterima dan dimengerti oleh seluruh murid.

Pada saat tahun ajaran baru dimulai, cobalah untuk menumbuhkan dan menciptakan suatu sikap belajar yang baik di antara guru dengan murid. Jelaskan pula beberapa aturan yang jelas dan dapat dimengerti oleh murid, seperti:

  • Mereka harus belajar dalam suasana tenang.
    Berikan pengertian bahwa suasana belajar dan mengajar yang tenang akan membantu guru untuk dapat mengajar dengan baik dan murid mengerti pelajaran yang diajarkan.
  • Murid boleh berbicara, bicara dengan volume suara kecil; tidak menganggu proses belajar mengajar.
    Berikan pengertian bahwa disaat guru menerangkan, murid hendaknya mendengarkan. Namun apabila keadaan mendesak dan murid harus berbicara dengan teman sebelahnya, sebaiknya dilakukan dengan berbicara pelan.
  • Bagi murid yang sudah mengerjakan tugasnya, sibukkan mereka dengan membaca buku.
    Saat murid sudah selesai mengerjakan tugas kelasnya, berikan tugas lain kepada mereka seperti membaca buku. Dengan demikian mereka tidak akan mengganggu murid lain yang belum selesai.
  • Pergunakan suasana diluar kelas untuk menghindari kebosanan murid di dalam kelas.
    Kegiatan ini dapat dilakukan sekali-sekali agar kegiatan belajar menjadi tidak monoton. Caranya ajak sebagian murid keluar kelas dan ajarlah mereka di udara terbuka sedangkan sebagian murid lainnya  tetap ada di kelas. Setelah beberapa saat lakukan hal ini bergantian dengan kelompok yang ada didalam kelas. Cara ini sebaiknya dibantu dengan asisten pengajar sehingga murid tetap terkontrol.
  • Manfaatkan belajar  kelompok.
    Buatlah beberapa kelompok yang terdiri dari 5 sampai 8 murid. Tunjuk seorang ketua dalam masing-masing kelompok untuk bertanggungjawab atas kelompoknya. Dengan demikian dapat membantu guru memonitor situasi belajar mengajar.

Semoga tips diatas membantu dan seluruh tim Dunia Belajar mengucapkan “Selamat memulai tahun ajaran baru!”

Sumber: duniabelajar.com

Membangun Masyarakat Kelas

  1. Diskusikan dengan siswa Anda tentang karakteristik tim. Memiliki membangun tim kosakata hari atau minggu, seperti tanggung jawab, kerjasama, ketergantungan, loyalitas, dll Membangun pelajaran dan kegiatan di sekitar istilah Anda.
  2. Bagilah kelas Anda menjadi kelompok-kelompok kecil atau tim. Menetapkan tugas-tugas spesifik untuk setiap anggota. Mintalah kelompok datang dengan nama tim, simbol, logo, maskot, dll
  3. Untuk minggu pertama atau lebih dari sekolah, memiliki “pertanyaan hari” yang akan menjadi pertanyaan sehari-hari yang siswa akan menjawab tentang diri mereka sendiri. Tim siswa dengan mitra yang berbeda dan melakukan wawancara satu sama lain. Untuk anak-anak muda, tanggapan mereka terhadap pertanyaan dapat digunakan untuk menulis cerita pengalaman kelas, atau menampilkan tanggapan sebagai bagian dari kelas “Bio Dewan”, atau “Memperkenalkan Kami” papan buletin
  4. Kebiasaan Baik Untuk Konsisten Mengejar
    • Tuliskan tujuan
    • Buatlah kebiasaan mendelegasikan tanggung jawab
    • Meletakkan segala sesuatu segera di tempatnya
    • Mulai tugas penting bahkan ketika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikannya
    • Gunakan perjalanan / waktu tunggu untuk merencanakan
    • Kontrol percakapan telepon
    • Harus tegas tentang tidak membiarkan orang mengganggu Anda
    • Menjadi lebih fleksibel. Beberapa hal patut tidak melakukan dengan sempurna, dan beberapa isu perlu dikompromikan atas.

    Kutipan dari “Keterampilan Adaptif untuk Stres & Manajemen Waktu” oleh Rosalind Jefferies dan Reginald Smith, Staf Pengembangan dan Pelatihan, Wake County Medical Center.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s