Penulisan Artikel ( Bagian 2 )


ARTIKEL POPULER

Artikel  populer  adalah  artikel  yang  ditulis  dengan  gaya    populer.  Kata  populer sebenarnya sudah menunjukkan sifatnya yang umum, yang pop. Jadi, artikel populer adalah  artikel  yang  disajikan  dengan  sederhana,  baik  bahasa maupun  analisisnya dengan  tujuan agar  lebih mudah dipahami oleh pembaca umum. Dengan demikian artikel populer lebih cair (Soeharso, 2009:9).  Sebuah  artikel  populer  dikemas  dengan  bahasa  yang  lebih  ringan  dan  cair dibandingan  dengan  artikel  ilmiah.  Menurut  Soeharso  tulisan  khas  artikel  populer yang sering mucul dalam media massa dapat dikategorikan pada jenis wacana atau opini, kolom, ulasan, dan laporan.
1. Opini
Opini  adalah  tulisan  yang  berisi  isi  atau  gagasan  penulisnya  tentang  berbagai masalah  yang  sedang  hangat  atau  aktual  dalam  pandangan masyarakat. Unsur timely atau kekinian sangat penting dalam artikel semacam ini. Wacana atau opini sering  muncul  dengan  topik  untuk  menyambut  peristiwa  penting,  menanggapi perkembangan  situasi  tertentu,  atau  memberikan  masukan  ide/gagasan  untuk tujuan tertentu.
2. Kolom
Kolom  adalah  tulisan  yang  berisi  ide/gagasan  penulisnya  tentang  berbagai masalah  yang dianggap penting, menarik, unik, aneh,  lucu, dan seterusnya, dan menurut penulisnya masyarakat perlu mengetahuinya. Karena sifatnya yang multi-facet maka  pendekatan  terhadap masalahnya  pun  sangat  beragam,  tergantung pada gaya dan kesukaan penulisnya. Karakteristik yang unik dari kolom membuat media massa menyerahkan pengisiannya pada penulis-penulis yang memiliki gaya khas dan unik pula. Penulis kolom ini sering disebut dengan kolomnis.

3. Ulasan
Ulasan adalah  tulisan yang khusus memberikan kajian  terhadap masalah melalui pendekatan  dengan  spesifikasi  tertentu.  Perbedaannya  sangat  tipis  dengan wacana atau opini. Kalau wacana atau opini pembahasannya melalui pendekatan yang umum ulasan melalui pendekatan yang  lebih spesifik,  terutama dari disiplin ilmu. Perbedaan berikutnya dalam ulasan unsur  timely atau kekinian bukan suatu yang  utama. Yang menjadi  fokus  dalam  ulasan  adalah  tingkat  urgensi  dari  topik untuk diketahui masyarakat.
4. Laporan
Laporan pada dasarnya adalah  tulisan  jurnalistik, sering disebut sebagai  laporan hasil in-depth reporting atau investigate reporting. Laporan jenis ini berisi informasi faktual yang lengkap, komplit, detail, tentang peristiwa atau kejadian dengan gaya penulisan feature atau human interst.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s