Metode Permainan Dalam Bentuk Kuis


DSC04769Metode permainan merupakan bagian dari strategi penerapan pembelajaran yang dirasa ‘mudah’ dan ‘alami’. Metode permainan dianggap dapat memfasilitasi pembelajaran dengan  metode  quantum, seperti yang dikemukakan  DePorter, dkk. (2000:5) dalam salah satu filosofi  quantum teaching yaitu “Fasilitasi: Memudahkan segala hal. Pada saat kami menggunakan kata ini,  kami merujuk kepada implementasi strategi yang menyingkirkan hambatan belajar, mengembalikan  proses belajar ke  keadaannya yang mudah dan alami”.  Dengan metode permainan siswa dapat  belajar dan guru dapat mengajar dengan situasi yang menyenangkan tanpa harus mengorbankan  tujuan yang ingin dicapai. Tentu saja permainan yang dipilih juga harus sesuai dengan materi  pembelajaran yang akan diajarkan. Kuis sebagai salah satu bentuk metode permainan dapat digunakan  untuk mewadahi  keinginan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran  karena di dalam program pertunjukan kuis  terdapat dua unsur yang baik untuk memfasilitasi pembelajaran, yaitu belajar dan bermain. Hal itu  terlihat jelas apabila para guru mau mencermati kuis-kuis yang ditayangkan di televisi. Ada banyak  hal yang dapat dijadikan ilham dalam pengajaran, seperti: tata cara bertanyanya, pengaturan waktunya, suasana yang diciptakannya, bahan atau materi yang disajikannya, pendekatan yang dipakai, bahkan sampai pada yel-yel yang dipakainya. Semua itu dapat digunakan  sebagai sarana penciptaan situasi belajar yang menyenangkan tanpa harus mengorbankan tujuan yang hendak dicapai.

Metode permainan dalam bentuk kuis merupakan suatu bentuk implikasi dari quantum learning dan quantum teaching. Quantum learning  menawarkan situasi belajar yang aman, nyaman, menarik, dan menyenangkan, sebagai situasi yang harus diciptakan dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan, sedangkan quantum teaching merupakan penerapan quantum learning di dalam kelas. Quantum teaching  menawarkan model pembelajaran yang selain menyenangkan juga nyaman.  Nyaman berarti terbebasnya siswa dari rasa takut untuk melakukan kesalahan karena prinsip quantum teaching  selalu mengakui keberadaan siswa apa pun wujudnya,  kelebihan dan kekurangannya.  Menyenangkan berarti siswa berada dalam situasi yang menggembirakan karena telah menemukan kenyamanan. Dengan situasi belajar yang mendukung, diharapkan timbul sikap positif pada para siswa, yang pada akhirnya mampu menimbulkan pemercepatan belajar. Situasi yang menyenangkan bagi anak-anak yaitu situasi saat bermain. Anak tidak terbebani oleh berbagai hal karena memang tujuan aktivitas bermain  yaitu mencari kesenangan dan kegembiraan. Seorang siswa, seperti halnya anak-anak pada umumnya menyukai permainan. Hanya sayang, permainan sering dianggap ancaman bagi kesuksesan belajar siswa. Permainan dianggap sebagai sesuatu yang jelek dan merupakan musuh besar keberhasilan belajar. Pendapat tersebut jelas terlalu kaku.  Negatif atau positifnya sebuah permainan  bergantung pada ketepatan dalam pemanfaatannya. Apabila ketepatan dalam pemanfaaatannya dipenuhi, sebuah permainan dapat dipakai sebagai sarana belajar yang dapat menumbuhkan kreativitas dan kekritisan logika siswa tanpa harus menghilangkan unsur utamanya yaitu kegembiraan

3 responses to “Metode Permainan Dalam Bentuk Kuis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s